Profil Pondok Pesantren Darul Hikam

Pesantren Darul Hikam Mojokerto berdiri pada era milenial, di tahun 2003. Bermula dari seorang dermawan bernama Haji Syamsu yang mewakafkan tanahnya untuk pendidikan islam, Pondok Pesantren.

Kini cita-cita itu benar-benar terwujud. Pesantren Darul Hikam berdiri sebagai lembaga pendidikan berbasis pondok pesantren untuk putra-putri. Terletak di desa Tambaksuruh, Puri, pesantren ini berada di tengah perkampungan dengan luas 3 hektar.

Jika ke wilayah ini, akan terlihat beberapa gedung bertingkat menjorok ke belakang. Rata-rata, dua hingga tiga lantai.

Jenjang Pendidikan Pesantren Darul Hikam

Pesantren Darul Hikam pada dasarnya adalah lembaga pendidikan yang memiliki jenjang dari TK hingga SMA. Namun demikian untuk TK dan SD tidak wajib asrama, rata-rata siswa untuk jenjang ini dari wilayah Mojokerto.

profil pesantren Darul HikamSedangkan yang berbasis pesantren di jenjang SMP dan SMA. Di jenjang ini semua tinggal di dalam pesantren. Di asrama dengan pendidikan selama 24 jam. Diawasi oleh guru sekaligus pengurus asrama.

SMP dan SMA di pesantren Darul Hikam berada di dalam pondok pesantren. Laboratorium, kegiatan formal lainnya juga berada di dalam pondok pesantren. Secara kehidupan tidak banyak pengaruh dari luar. Fokus dengan pendidikan di dalam.

Namun demikian di pesantren Darul Hikam ada dua jenis pondok pesantren. Pesantren reguler di mana santrinya adalah putra putri. Formulanya pendidikan formal 50%, pendidikan pesantren 50%. Ada juga pesantren tahfidz Quran, khusus putri, formulanya 40% formal, 40% tahfidz Quran, dan sisanya adalah pendidikan adab dan keislaman.

Kurikulum Pesantren Darul Hikam

Kurikulum di pesantren Darul Hikam justru merujuk ke Diknas. Tidak seperti pondok pesantren pada umumnya yang menginduk ke Depag. Tetap SMP dan SMA. Setelah kami telusuri, hal ini karena pondok pesantren tersebut ingin memantapkan santrinya dalam pendidikan formal.

Adapun untuk pendidikan pesantren lebih banyak diwarnai dengan mengaji kitab kuning, dan tahfidz al Quran. Di pesantren ini setiap santri memang diwajibkan untuk menyelesaikan hafalan setiap semester. Tergantung kelompok tahfidznya masing-masing. Bahkan yang kelompok khusus tahfidz, ditargetkan hafal Quran dalam jangka waktu 4 tahun.

Sedangkan untuk ngaji kitab kuning menggunakan pola sorogan. Bisa dari guru yang ada di dalam pondok pesantren, ataupun mendatangkan syeich dari luar negeri. Guru membaca dan menjelaskan santri duduk memegang kitab.

Identitas Pendidikan Pesantren Darul Hikam

Ada tiga identitas penting pendidikan di Pesantren Darul Hikam. Pertama, pendidikan adab. Setiap santri yang masuk akan dilihat adab kepribadiannya. Jika kurang bagus terlebih dahulu mendapatkan pendampingan khusus. Bahkan kalau ada kesalahan, santri diminta banyak shalat sunnah dan dzikir.

Kedua, pendidikan amaliah ibadah. Pendidikan ini seperti pondok pesantren klasik di Jawa Timur. Santri akan mengamalkan beberapa amalan semacam shalat sunnah, puasa sunnah, kemudian shalawat, dan amalan dzikir yang diberikan oleh pimpinan pesantren.

Secara berpakaian bisa dikatakan pagi memakai celana, dan kemeja, formal seperti di sekolah, sedangkan ketika ibadah memakai sarung. Artinya tidak murni modern, juga tidak murni klasik.

Ketiga, tahfidz Quran. Di pesantren ini setiap santri memiliki kewajiban tahfidz Quran yang terbagi dalam kelompok tahfidz biasa, intensif, dan khusus. Biasa setiap tahun satu juz. Intensif, sekitar 2-3 juz. Sedangkan yang khusus sekitar 7-8 Juz. Pembagiannya berdasarkan ujian dan kemampuan. Tapi wajib.

Profil Alumni Pesantren Darul Hikam

Jika ingin melihat kualitas lembaga pesantren, maka bisa dilihat dari profil alumninya. Alumni Pesantren Darul Hikam rata-rata memasuki kampus-kampus. Bahkan beberapa masuki kampus Eropa dan Timur Tengah.

Entah kenapa beberapa santrinya memiliki destinasi ke Turki. Sedangkan Timur Tengah rata-rata ke Mesir. Mereka tidak kesulitan untuk menempuh jenjang pendidikan di luar negeri.

Hal ini karena dua tahun sebelum kelulusan aka nada persiapan khusus untuk santri yang ingin ke Barat, dan ke Timur. Pendampingannya berbeda-beda. Biasanya dua tahun sebelum kelulusan. Artinya setiap santri siap untuk pendidikan di luar negeri dan di dalam negeri.

Profil Kyai Pesantren Darul Hikam

Yang istimewa di pesantren adalah kyainya. Begitu pula dengan pesantren Darul Hikam Mojokerto. KH. Masruhan Choteb adalah pimpinan pondok pesantren yang sudah lama menjadi imam masjid sultan di Singapura.

Laki-laki asli Nganjuk ini memang hafidz Quran. Oleh sebab itu beliau berkeinginan keras agar setiap santrinya memiliki hafalan Quran sebagai modal masa depan. Berbagai pondok pesantren di Jawa menjadi tempat belajar. Kemudian melanjutkan di Malaysia hingga jenjang S3.

Fasilitas Pesantren Darul Hikam

Jika bertanya tentang fasilitas, maka secara mudah merujuk pada fasilitas asrama. Asrama di pesantren ini bentuknya standard seperti layaknya asrama di pondok pesantren. Satu ruangan dihuni oleh banyak santri. Kisaran 20. Cukup memadai, dibanding pesantren lain yang terkadang mencapai tiga puluh.

Kamar mandi cukup baik. Ada yang di dalam dan lebih banyak di luar kamar. Air juga melimpah. Apalagi di Mojokerto terkenal dengan wilayah Pacet, sumber air bersih.

Untuk kelas, rata-rata kelas kecil. Jumlah siswanya di bawah 30. Sehingga pembelajaran berjalan cukup kondusif. Pola pembelajaran formalnya, seperti yang ada di sekolah-sekolah Islam internasional. Lcd dan lain sebagainya tersedia.

Untuk makan juga standard pesantren. Tidak selalu ikan, tidak selalu tempe tahu. Semua mempertimbangkan gizi dari santri. Makan pun tiga kali.

Untuk tempat olah raga, jika basket ada di dalam. Berkuda dan memanah juga tersedia di dalam pesantren. Sedangkan renang, untuk tahfidz khusus dijadwalkan di luar pondok pesantren. Untuk pesantren dengan pendaftaran Rp. 6.000.000-an, bagi kami sudah sangat cukup sekali.

Sedangkan fasilitas untuk pesantren tahfidz Quran khusus putri lebih istimewa. Gedungnya terpisah dari pesantren reguler sekitar 15 menit. Ruangannya ber AC, dengan kamar ekslusif. Detil bisa melihat di sini. Hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan santriwati ketika tahfidz al Quran.

Profil Santri Pesantren Darul Hikam

Santri di Darul Hikam lebih banyak berasal dari luar Mojokerto. Artinya kehidupan di pondok pesantren cukup kondusif, tidak berasal dari satu daerah. Luar Jawa pun tidak sedikit. Tidak semua dari Jawa Timur. Jawa Barat dan Jawa Tengah juga masuk di pesantren ini.

Prestasi Pesantren Darul Hikam

Jika mengurut prestasi pesantren Darul Hikam, kami akan menuliskan yang bersifat nasional saja. Tidak semua disebutkan di sini.

Prestasi yang cukup mentereng adalah menjuarai perlombaan robotic tingkat Asia di Jepang pada tahun 2017. Dalam sudut pandang kami keberhasilan ini karena fokus pendidikan di jenjang SMP dan SMA. Bahkan pada tahun 2015 pernah menjadi salah satu yang mencapai nilai UN tertinggi.

Ekstra Kurikuler di Pesantren Darul Hikam

Ekstra kurikuler di pesantren Darul Hikam bermacam-macam. Ada yang berbentuk hanya sebatas seni, seperti barjanji, rebana. Atau silat yang diikuti banyak santri putra. Ada juga seni dalam menulis, jurnalistik. Juga beberapa ekstra kurikuler lainnya.

Adapun ekstra kurikuler olah raga semacam memanah dan berkuda sudah menjadi hal lazim di pesantren ini. Terlebih ini adalah dua sunnah rasul selain renang untuk olah raga. Sedangkan olah  raga sudah kami jelaskan sebelumnya.

Untuk bahasa tidak masuk pendidikan ekstra, kecuali yang ingin mendalami lebih. Bahasa Arab dan Inggris menjadi dua bahasa yang dipelajari rutin di pesantren Darul Hikam. Seperti layaknya pondok modern, pesantren ini sangat mementingkan aspek bahasa sebagai pengantar ilmu pengetahuan.

Biaya Pendidikan Pesantren Darul Hikam

Biaya di Pesantren Darul Hikam ada dua jenis. Yang khusus tahfidz putri sendiri, karena secara fasilitas berbeda. Biayanya mencapai Rp. 30.000.000, dengan biaya bulanan sebesar Rp. 2.500.000. Adapun pesantren reguler hanya Rp. 6.000.000, dengan biaya bulanan sebesar Rp. 1.500.000.

Biaya tersebut di atas mencakup studi tour di akhir masa pendidikan ke negeri Malaysia.

Info lengkap pendaftaran bisa menghubungi ustadzah Iin di nomor, 0821-4016-6166

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *