Biaya dan Pendaftaran Pesantren Al Khair Ponorogo

Santri putra berpose bersama pengasuh pondok pesantren Al Khair Ponorogo

Bagi Anda yang menginginkan masuk pesantren di Ponorogo, maka pesantren Al Khair bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Berada di desa Jimbe kecamatan Jenangan, pesantren ini berada di wilayah yang cukup strategis.

15 menit dari terminal Ponorogo, ke arah telaga Ngebel, di mana cuaca tidak begitu panas dengan aliran sungai yang deras dari dataran atas. Pesantren ini terlihat megah dengan sedikit bangunan namun kokoh.

Kelebihan Pesantren Al Khair Ponorogo

Pesantren ini memiliki kelebihan pada empat aspek utama. Yang pertama adalah pendidikan dengan fokus Bahasa Inggris yang kuat. Buktinya pesantren ini sering mendapatkan juara di lomba antar pesantren atau lembaga pendidikan se-Kabupaten Ponorogo, bahkan yang lebih luas daripada itu.

Sehingga lulusannya mudah mengakses pendidikan internasional. Seperti alumni tahun 2013, 2015, dan 2015 yang kini di Italia, Cina, dan Pakistan.

Santriwati Pesantren Al Khair Ponorogo Jawa Timur

Kedua, pesantren ini dididik langsung oleh kyai yang lama hidup di Pakistan, dan dibantu oleh staf lulusan Mesir, Yaman, Islambad, juga beberapa perguruan tinggi Islam ternama di dunia. Bahkan untuk asrama berasal dari pondok modern Darussalam Gontor.

Ketiga, pesantren ini memiliki tahfidz Quran dengan target minimal selama satu tahun 2 juz. Maka selama masa pendidikan di pesantren Al Khair Ponorogo, santri minimum akan menghafal sebanyak 12 juz. Sudah sangat cukup untuk bekal di masa depan karena banyak universitas kini memberikan beasiswa khusus tahfidz Quran.

Keempat, pesantren Al Khair Ponorogo memiliki sistem asrama modern, di mana disiplin dan kemandirian dilatih, sehingga menjadikan siswa mampu menjadi siswa yang tangguh, tidak cengeng, dan berusaha tepat untuk mengatur waktu. Inilah yang menurut kami paling penting sebagai bekal anak zaman sekarang.

Biaya Pesantren Al Khair Ponorogo

Untuk biaya pendidikan pesantren ini antara putra dan putri berbeda. Untuk putra sebesar Rp3.525.000, sedangkan untuk pesantren putri memiliki biaya sebesar Rp4.255.000. Biaya sebesar ini terdiri dari aspek pendidikan dan asrama.

Untuk biaya pendidikan berupa

Pendaftaran                       Rp100.000
Pekan perkenalan             Rp200.000
Almari                                 Rp550.000
Infaq bulanan                    Rp600.000

Sedangkan untuk dana kegiatan satu semester sebesar Rp500.000

Sisanya berupa seragam. Seragam berupa kemeja, baju koko, seragam olah raga, seragam pramuka, juga beberapa kebutuhan dasar lainnya.

Sedangkan untuk putri lebih banyak, ada seragam jas almamater, jilbab seragam, dan lain sebagainya. Biaya-biaya ini semuanya kembali ke siswa, tidak terlihat infaq bangunan atau lain sebagainya. Sebenarnya terlihat cukup unik, karena biasanya setiap pendaftaran ada infaq untuk pembangunan. Di Pesantren Al Khair justru nihil.

Pesantren Al Khair Ponorogo
Santri di kelas Pesantren Al Khair Ponorogo

Pendaftaran Pesantren Al Khair Ponorogo

Jika ingin mendaftar di pesantren Al Khair Ponorogo bisa menghubungi via WhatsApp dan juga telepon di nomor 0852-3660-6306 dengan ustadz Nawab Syarif, yaitu langsung ke anak pimpinan pesantren.

Jika ingin datang ke pesantren dan kesulitan, bisa menghubungi nomor tersebut, akan dibantu, atau bahkan kalau diperlukan bisa jemput jika memang kesulitan. Sedangkan tes untuk masuk diadakan langsung ketika mendaftar.

Jika ingin datang, maka lebih baik janjian terlebih dahulu agar tidak terlalu lama menunggu di pondok pesantren. Syarat-syarat juga bisa ditanyakan ke nomor yang tertera tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *