10 Pondok Pesantren Paling Populer di Internet

Pondok pesantren paling populer di internet menjadi pusat perhatian masyarakat Indonesia. Pasalnya, banyak yang menyatakan beberapa urutan pesantren terbaik. Namun demikian tim sekolahpondokpesantren.id berusaha menghimpun data, sebenarnya seberapa populer beberapa pondok pesantren di Internet.

Dasar data yang kami gunakan adalah mesin pencari, atau Search Engine semacam Google, dan app lainnya untuk memantau kunjungan kata tertentu.

10 Pondok Pesantren Paling Populer di Internet

  1. Gontor, Ponorogo

Gontor adalah lembaga pendidikan pondok pesantren dengan kurikulum sendiri, tidak bergantung Diknas ataupun Depag. Namanya KMI, kulliyatul mu’allimin al Islamiyyah. Gontor sangat mashur karena dikenal sebagai pesantren yang mampu melahirkan banyak orang sukses. Uniknya tidak hanya di sektor agama saja, tapi hampir semua sektor, dari bisnis hingga politik.

pesantren populer di InternetGontor setiap bulannya dicari sekitar 14.000-an pencari setiap bulan di Internet. Wow, cukup besar bukan. Oleh sebab itu Gontor adalah salah satu pondok pesantren paling populer di Internet. Salah satu faktor peningkatan popularitas pesantren ini adalah publikasi Youtubenya yang begitu gencar. Sehingga pesantren yang berdiri pada 1926 ini menjadi salah satu pesantren terbaik di Indonesia.

  1. Darunnajah, Jakarta

Darunnajah adalah pesantren alumni Gontor. Memiliki sampai 15 cabang lebih yang tersebar di seluruh Indonesia. Darunnajah termasuk salah satu pesantren terbesar di Indonesia. Terutama untuk daerah perkotaan karena letaknya di wilayah Jakarta, Ulujami. Oleh sebab itu banyak kalangan menengah atas yang ada di pesantren ini.

Setiap bulan pondok pesantren ini dicari sekitar 6.000-an pencari setiap bulan di internet. Cukup besar. Oleh sebab itu pondok pesantren ini masuk dalam pondok pesantren paling populer di internet. Salah satu faktornya adalah, pesantren ini kami pantau menggunakan Search Engine Optimation dalam dunia internet.

  1. Darul Hikam, Mojokerto

Darul Hikam Mojokerto sebenarnya adalah pondok pesantren tidak begitu besar. Berdiri di era millennium. Namun pesantren ini banyak diulas di Internet karena prestasinya yang cukup baik, seperti mencapai nilai UN tertinggi, juara tingkat Asia untuk robotik. Uniknya, pesantren ini memiliki kegiatan khas pesantren klasik, namun pendidikan umumnya tetap SMA dan SMP.

Karena pimpinan pondoknya adalah imam masjid besar di Singapura, maka nuansa tahfidz juga sangat kental di pesantren ini. Setiap jenjang memiliki kewajiban tahfidz sekian juz. Uniknya sentuhan kyai juga sangat kental di pesantren ini.

Setiap bulan pesantren ini dicari sekitar 800. Cukup cepat perkembangannya untuk pesantren yang baru berdiri di era millennium.

  1. Daarul Quran, Jakarta

Daarul Quran sangat identik dengan Ust. Yusuf Mansur sebagai pengasuh pondok pesantren. Pesantren Daarul Quran, adalah pesantren tahfidz quran. Meskipun pesantren ini cukup mahal, namun tetap banyak peminatnya. Terutama untuk wilayah perkotaan.

Di internet, karena nama Ust. Yusuf Mansur naik dan menjadi sebuah fenomena, maka nama pesantren Daarul Quran pun semakin banyak yang mencari. Oleh sebab itu dalam satu bulan yang mencari berjumlah sekitar 4.500-an, tentu saja angka ini cukup banyak.

  1. Lirboyo, Kediri

Lirboyo adalah pesantren yang didirikan pada tahun 1910 oleh KH. Abdul Karim. Pesantren ini terletak di tengah kota dekat dengan terminal. Oleh sebab itu sangat mudah sekali kita mengenali pesantren Lirboyo di tengah kota Kediri. Pondoknya jelas sangat besar.

Lirboyo juga sebuah komplek pondok-pondok dalam satu desa yang menyatu menjadi sebuah perkumpulan pesantren yang cukup besar. Meskipun pendidikannya klasik, hanya mengaji saja, namun santrinya cukup banyak. Di tahun 2016 saja jumlahnya mencapai 16.000-an.

Oleh sebab itu Lirboyo menjadi salah satu pesantren paling populer di internet. Setiap bulan sekitar 7.500-an. Wow. Mantab. Sehingga pesantren ini juga masuk dalam salah satu pesantren terbaik di Indonesia.

  1. Al Fattah, Temboro

Al Fattah temboro lebih identik sebagai pesantren yang memiliki identitas semacam jama’ah tabligh. Inti pendidikannya adalah tauhid dengan perwujudan akhlaq karimah. Namun yang menjadikan Al Fattah di Magetan ini mashur adalah keadaan desanya yang seperti kampung di Madinah.

Santrinya cukup banyak, sekitar 17.000. Namun uniknya dari pesantren ini adalah banyak pula santri dari warga, atau yang hanya ingin singgah sejenak. Mereka ingin mendapatkan pembinaan akhlaq.

Di internet, pesantren ini cukup mashur, dalam sebulan yang mencari sekitar, 2000-an. Wow, cukup banyak.

  1. Langitan, Tuban

Langitan adalah salah satu pesantren tertua yang ada di Indonesia. Berdiri pada tahun 1852. Desa Widang, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. Jika Anda melewati jalanan Tuban, dan melihat sungai bengawan Solo, maka tandanya sudah sangat dekat dengan pesantren klasik ini. Luas tanahnya mencapai tujuh hektar lebih.

Langitan menjadi salah satu pesantren cukup mashur dengan jumlah santri mencapai 10.000-an. Identitas paling kental dari pesantren ini adalah kajian kitab klasik Islam dengan penguasaan bahasa arab.

Setiap bulan pesantren ini dicari di internet hingga 3.500-an. Cukup populer. Salah satu faktornya adalah shalawat dari pesantren Langitan yang begitu digandrungi ibu-ibu di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

  1. Sidogiri, Pasuruan

Sidogiri adalah pondok pesantren yang tertua di Indonesia. Kami belum menemukan pesantren lain yang lebih tua secara sejarah. Berdiri pada tahun 1745. Sudah melewati banyak generasi. Oleh sebab itu pesantren ini sangat banyak melahirkan pimpinan-pimpinan pondok pesantren di seluruh Indonesia.

pesantren populer di internetWaktu yang dipakai bukan waktu Indonesai barat, tapi waktu istiwa’. Jadi jangan bingung kalau masuk ke pesantren ini dan melihat jam di dinding berbeda dengan jam yang ada di tangan kita.

Di Internet, pesantren yang terkenal dengan BMT-nya ini sangat populer, dicari setiap bulan sekitar 3.000-an kali. Padahal berada di desa wilayah Timur.

  1. Daarul Qalam, Banten

Daarul Qalam adalah pesantren berkiblat modern seperti layaknya Darunnajah. Daarul Qalam juga pesantren alumni Gontor. Menurut kami, Darul Qalam adalah pesantren cukup mashur di wilayah Barat selain Darunnajah. Pesantren ini juga representasi pesantren di wilayah perkotaan.

Dengan jumlah santri sekitar 5.000-an, pesantren Darul Qalam menjadi salah satu pesantren dengan jumlah santri cukup besar di Indonesia. Untuk di Internet, pesantren ini dicari sampai 2.000-an kali dalam jangka waktu satu bulan. Oleh sebab itu kami masukkan dalam pesantren populer di Internet.

  1. Tebu Ireng, Jombang

Tebu Ireng adalah nama tempat, seperti Gontor, Sidogiri, dan Langitan. Nama Tebu Ireng sangat identik dengan NU. Karena pendiri NU, KH. Hasyim Asy’ari juga pimpinan pesantren Tebu Ireng. NU dan Tebu Ireng seperti jodoh, Gusdur selanjutnya menjadi pimpinan ormas terbesar di Indonesia pada tahun 1984 sampai tahun 1999.

Meskipun kini pesantrennya sudah redup, karena lebih identik dengan sekolah formal boarding school, namun Tebu Ireng masih populer, dalam satu bulan yang mencari sekitar 4500-an.

Inilah beberapa pesantren paling populer di Internet yang kami ulas. Jika ada data yang lebih update bisa cantumkan di kolom komentar. Data yang kami ambil adalah kumpulan dari beragam data di internet terutama bersumber Search Engine.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *